Kebingungan Sementara


Hari telah terang ketika mataku terbuka. Cahaya mentari beranjak naik menyinari bumi dengan kehangatannya. Secara perlahan aku bangkit dan meraih sisa kopi semalam. Seekor kecoa berenang-renang didasar gelas. Sungutnya yang panjang menari-nari di dinding gelas. Tak jadi kuminum kopi itu. Lalu kuputuskan untuk mengambil air diluar.

Udara pagi masih dingin. Badanku menggigil dibuatnya. Di luar kamar orang-orang telah sibuk berbenah menyambut pagi. Kamar mandi nampak antri di rumah kontrakanku ini. Tiap orang merasa dirinya yang harus lebih dahulu mandi. Dengan handphone menyala ditangan, Ane, yang kamarnya tepat berhadapan dengan kamarku, berdiri santai didepan kamar mandi. Sehelai handuk putih melilit dilehernya. Wajahnya masih kusut, begitu pula piyamanya yang terbuat dari kain tipis (malah transparan menurutku). Hiburan yang menarik dipagi hari. Air di disspencer ternyata habis, air keran segar juga kupikir. Ah, hari yang cerah , sebelum aku aku mengetahui bahwa hari itu matahari tak terbit di timur.

Kabar itu aku terima dari seorang kawanku yang berjanggut panjang, Ahmad. Wajahnya pucat pasi dan ia gemetaran waktu mengatakan berita tersebut. Tak lama kemudian ia lari kekamar dan berteriak-teriak meminta ampunan karena ‘waktunya’ telah tiba. Penasaran,kuintip dari jendela, benarkah? Tapi aku lupa bahwasanya aku sama sekali tak tahu mana barat, mana timur.

Dari televisi aku mengetahui bahwa dari tadi malam sudah ada pemberitahuan dari pemerintah bahwa hari ini matahari akan terbit dari barat. Menkopolkam menyangkal keras tuduhan kalau keanehan ini adalah skenario untuk menggoyang integritas bangsa. Pangab, yang sempat mengundang beberapa wartawan, mengatakan bahwa keadaan masih terkendali dan stabiltas nasional masih terjaga. Beliau juga menyatakan TNI siap menyelamatkan negara bila terjadi ancaman dari luar. Presiden mengadakan siaran langsung yang harus ditayangkan seluruh stasiun televisi. Dalam siaran itu beliau menganjurkan agar masyarakat tetap bersabar dan tawakal menghadapi cobaan ini. Kapolri dalam laporannya mengatakan siap menjaga ketertiban dan akan mengantisipasi setiap tindakan-tindakan anarkis. MUI, setelah berdebat kusir semalaman ditingkatan internal mereka, akhirnya mengatakan tak tahu menahu soal terbitnya matahari dari barat. LIPI berusaha menjelaskan fenomena alam itu secara rasional tetapi dikecam gerakan fundamentalis sebagai sekumpulan orang atheis. Beberapa ulama merangkap politisi populis mengajak umat untuk istigosah dilapangan masjid terbesar dinegeri ini.Beberapa ulama lainnya mengklaim bahwa tindakan itu menyalah artikan ibadah sebagai ajang kampanye politk. Disebuah acara talk show seorang selebritis mengungkapkan pandangannya tentang terbitnya matahari dari barat. Di acara yang lain seorang pemuka agama mengajak jemaat untuk meminta pengampunan melalui jalur interaktif, atau bisa juga lewat transfer rekening. Info valas juga menganalisis bagaimana dampak perubahan tempat terbitnya matahari dari barat dengan suku bunga yang berkembang. Disana dinyatakan bahwa rupiah menguat seratus sepuluh point.

Segala pemberitaan ditelevisi itu kulahap habis dan tak menyisakan kesempatan lagi bagiku untuk berpikir, apa benar matahari terbit dibarat hari ini? Segala macam opini, pendapat, analisis, jargon, retorika datang satu persatu dan secepat kilat membutakan pikiran. Dan akhirnya kuputuskan untuk mandi bersama Ane, pagi itu, saat matahari tak terbit di Timur.

1 Comment

Filed under Humaniora

One response to “Kebingungan Sementara

  1. sun-tea

    disaat matahari tak terbit di timur kau memutuskan utk mandi bersama Ane, disaat matahari matahari terbit di timur kau mandi tak??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s